Blog

Pesona serta Eksploitasi Michael Jackson Yang Abadi
00
 

Michael Jackson yaitu performer paling fenomenal, punya pengaruh serta ikonik didunia. Ia satu diantara penyanyi yang dapat kita sebut jadi musisi original. Terlebih dulu ada The Beatles, Jimi Hendrix, Frank Sinatra, serta Elvis Presley, yang masa keemasan musisi itu belum juga sempat saya rasakan segera. Tetapi, untungnya saya serta mungkin saja generasi 90-an biasanya masih tetap dapat tumbuh dengan sosok King of Pop.

pesona-dan-eksploitasi-michael-jackson--90d701

Penyanyi ini mempopulerkan moonwalk dance pada khalayak pada th. 1983, waktu dianya tampak di Motown : Yesterday, Today, Forever. Tindakan panggungnya senantiasa megah serta spektakuler. Seolah mengingatkan kita kalau ini yaitu satu keagungan. Sedikit musisi yang mempunyai showmanship sesuai sama itu.

Sesaat Billy Jean adalah satu diantara karya terutama yang sempat diciptakannya. Ada kedalaman serta kemegahan musikal di dalamnya. Dalam lagu itu ada macam hook-hook yang ajaib. Semuanya instrumen seolah memainkan hook yang berlainan, walau sebenarnya kita masih tetap dengarkan lagu yang sama.

michael-jackson-this-is-it-mjs-this-is-it-16261335-549-800

Dampak Michael juga sudah jadi wabah untuk banyak artis. Bahkan juga, beberapa dari mereka berupaya menirunya. Kita bisa lihat pengaruhanya di penyanyi-penyanyi masa saat ini seperti Juicetin Bieber, Juicetin Timberlake, Chris Brown, Britney Spears hingga kawannya, Madonna, yang dijuluki Queen of Pop. Terkecuali mereka, tidak terhitung berapakah jumlah impersonator yang menyambung hidup dengan menirukan tindakan serta tampilan Michael.

Lima th. berselang sesudah kepergiannya yang mengagetkan pada 2009 yang lalu, buat kita dirundung rasa kehilangan yang sangat dalam. Dunia tanpa ada Michael seperti tempat yang berlainan. Akhirnya, kerinduan beberapa fans yang jumlahnya mungkin saja sekitaran 100 juta lebih ini digunakan jadi kesempatan usaha.

Grup sirkus Cirque du Soleil memperoleh untung yang mengagumkan serta fantastis karna pertujukkan Michael Jackson The Immortal World Tur. Film THIS IS IT juga memberi keuntungan melimpah. Mulai sejak Michael wafat, ada tiga album posthumous yang dilaunching oleh label Sony/Epic, MICHAEL (2010), IMMORTAL (2011) serta XSCAPE (2014).

Menariknya, Michael terdaftar paling akhir kali menelurkan album pada th. 2001, berjudul INVINCIBLE. Produktivitas Michael mandek karna ia bersitegang dengan pejabat label, L. A Reid. Ia terasa album itu tidak di promosikan sesuai sama harapannya. Sedang, untuk album posthumous XSCAPE, label seperti berupaya lakukan promosi semaksimal mungkin saja. Dari mulai menggaet produser terkenal, menggandeng kolabolator setenar Juicetin Timberlake dan sebagainya. Pertanyaannya, bila Michael masih tetap hidup, apakah label juga akan ‘seniat’ itu?

Dapat iya serta dapat tidak. Waktu kita mulai mengkaitkannya dengan tampilan fisik, tidak sedikit yang menilainya Michael yaitu penyanyi yang aneh. Isu-isu personalnya yang penuh misteri sudah kurangi kekuatan kita untuk lihat Michael jadi seseorang seniman. Diperparah sekali lagi dengan masalah tuduhan pelecehan seksual, buat pamor positif Michael turun mencolok.

Album posthumous dari musisi yang sudah wafat memanglah hal yang lumrah. Tetapi ini mungkin saja tidak lumrah bila satu label melaunching terus-terusan album posthumous dari satu musisi. Popularitas yang tinggi, fans yang berdedikasi serta demo lagu Michael yang segudang buat King of Pop jadi musisi yang paling dieksploitasi saat ini.

Jadi pengagum, saya terasa cukup sedih dengan hal semacam ini. Ironis sekali lihat fakta Michael yang selalu alami ekspoitasi, baik saat hidup ataupun tidak ada. Mulai sejak kecil ia dieksploitasi ayahnya sendiri, sesudah dewasa serta wafat atas nama pasar namanya selalu di jual untuk keuntungan pemodal. Begitu menyedihkan bukan?

Reply

Your email addres will not be published. All fields are required.