Blog

Memperbandingkan SBY serta Jokowi di kokpit pesawat tempur
00
 





Dalam beberapa kalinya, Presiden Joko Widodo kembali mendatangi Kepulauan Natuna. Kesempatan ini, pria yang akrab disapa Jokowi itu datang ke lokasi paling utara Indonesia itu untuk melihat segera latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Hawa (TNI AU) .

Latihan itu di beri judul Latihan Tempur Angkasa Yudha 2016, untuk tunjukkan kedaulatan Indonesia di beberapa Laut China Selatan. Dalam latihan ini, TNU AU mengerahkan semua pesawat tempurnya, termasuk juga Sukhoi 27/30, F-16, dsb.

20161006192210-1-jokowi-tinjau-latihan-militer-di-natuna-003-nfi

Rupanya, Jokowi tidak ingin sebatas melihat deretan alutsista punya TNI AU. Dia juga menginginkan lihat dari dekat pesawat sebagai andalan Indonesia untuk melindungi tiap-tiap jengkal lokasi hawa tanah air.
Didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna, Jokowi segera naik kedalam kokpit. Pesawat tempur yang dinaikinya yaitu Sukhoi Su-27/30.

Waktu naik kedalam kokpit, Jokowi memperoleh pengarahan dari Kasau. Sekian kali dia terlihat tertawa.

Laiknya pilot tempur, Jokowi juga kenakan helm diatas kepalanya. Sepintas, dia terlihat pilot Sukhoi sungguhan.

Hal yang sama saja pernah dikerjakan bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) .

20161006192210-2-sby-jajal-jet-tempur-t-50i-golden-eagle-003-debby

Peristiwa itu berjalan pada Kamis (13/2/2016) lantas. Saat itu, SBY melihat upacara serah terima pesawat baru, yaitu Golden Eagle T50i di Pangkalan Hawa (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.