Blog

Masalah Cover Lagu Tanpa ada Izin, Ini Kata Rian D’Masiv
00
 

JakartaRian D’Masiv turut bicara masalah hak cipta lagu yang di-cover (aransemen ulang) tanpa ada izin. Sebut saja lagu Akad punya Payung Teduh yang sekian waktu lalu begitu fenomenal, baik versus asli ataupun versus cipta ulangnya.

052091100_1453306322-Rian_d_masiv-7

Terlebih di masa digital seperti sekarang ini, banyak pihak yang ambil keuntungan dari lagu-lagu yang dicipta ulang tanpa ada seizin yang memiliki hak cipta. Tetapi, Rian mengembalikannya ke beberapa kreatif yang lakukan aransemen ulang pada satu karya.

” Sepertinya tentu kebanyakan orang yang lagunya hits juga akan di-cover ya. Bergantung dari apakah dia ingin menentang apa tidak. Umumnya balik sekali lagi ke kesadaran orang yg meng-cover. Bila dia miliki iktikad baik untuk memberi haknya pada pencipta, itu bagus. Balik sekali lagi sich kesadaran kita, ” kata Rian D’Masiv, waktu didapati di lokasi Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (1/11/2017).

056129600_1505101573-payung_teduh01

Sama dengan Payung Teduh, D’Masiv juga seringkali sekali merasakan lagu-lagunya dicipta ulang oleh orang yang lain serta dikomersialkan. Ia juga mengerti ada nilai positif serta negatif dari trend itu.

Yakin pada WAMI

” Positifnya lagu kita semakin populer. Negatifnya, mereka memperoleh pendapatan, hingga tidak ke kita? Hak kita yang kita miliki bisa tidak? Positifnya kita populer karna orang sukai sama lagu kita serta panggung kita semakin banyak. Sesungguhnya yah kita langkahnya saja, ” kata Rian D’Masiv.

070794200_1454669738-20160205-D_Masiv-Launching-Lagu-Terbaru-untuk-Film-BoBoiBoy-The-Movie-Antonius-1

Untungnya, D’Masiv sekarang ini tergabung dengan WAMI (Wahana Musik Indonesia) yang adalah satu Instansi Manajemen Kolektif (LMK) yang mengurusi semua suatu hal yang terkait dengan hak cipta serta royalti. Jadi, Rian tidaklah terlalu bikin pusing problem legalitas lagu yang dicipta ulang oleh orang.

” Sesungguhnya ada Instansi Manajemen Kolektif (LMK), yang lakukan serta menyatukan apapun dari YouTube, karaoke, hotel yang memutar lagu. Semuanya bisa tuch. Itu dihimpun. Kebetulan saya anggota WAMI, kan. WAMI juga akan menyatukan itu semuanya. Sesungguhnya bersiap saja kelak ada instansi yang menggumpulkan. Nyatanya telah beberapa ratus juta yang melihat serta telah ada iklan, bersiap saja dihimpun sama LMK, ” kata Rian D’Masiv enjoy.