Blog

Lagu Indonesia Raya jadi Lebih Panjang, Ini Kata Trio Lestari
00
 

Jakarta, Lagu Kebangsaan ” Indonesia Raya ” yang sampai kini diperdengarkan di sekolah-sekolah dibawakan dengan irama satu stanza. Tetapi, sekarang ini pemerintah akan jadikan lagu kebangsaan itu jadi tiga tiga stanza seperti semula di ciptakan.

028638800_1470108085-Trio_lestari

Lagu kebangsaan Indonesia yang sampai kini dinyanyikan memanglah baru satu bait saja. Walau sebenarnya, WR Supratman menulis ” Indonesia Raya ” dalam tiga stanza.

” Dengan undang-undang, memanglah bisa saja dinyanyikan satu ataupun tiga stanza. Tetapi, kita menginginkan supaya orang-orang Indonesia ketahui histori aslinya, ” tutur Kepala studio Lokananta, Miftah Zubir, waktu didapati wartawan beberapa waktu terakhir.

trio-lestari-konser-121217b

Tentang lagu kebangsaan yang juga akan dinyanyikan tiga stanza, Trio vokal Lestari, yaitu Glenn Fredly, Sandy Sandoro, serta Tompi, mengakui penasaran dengan lagu ” Indonesia Raya ” versus asli karangan Pahlawan Nasional Wage Rudolf Supratman itu.

Terlebih, menyanyikan ” Indonesia Raya ” tiga stanza beritanya akan diharuskan di tiap-tiap sekolah oleh Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan. Trio Lestari juga mengakui mensupport gagasan itu.

” Gosip ini menarik untuk kami jadi aktor seni, yang sisi dari orang-orang untuk tahu lebih jauh. Ini satu diantara langkah menghidupkan kecintaan pada Tanah Air. Kami juga telah lama tidak turut upacara bendera seperti siswa sekolah. Paling akhir SMA masih tetap teratur, terakhir telah tidak sekali lagi ada keharusan, ” tutur Glenn waktu didapati di lokasi Fatahillah, Jakarta Barat, beberapa waktu terakhir.

6ba7cc4ea953073b6efe63dead61af74-070859100_1424433556-trio1

Disamping itu, Tompi menyebutkan bila sampai kini dianya cuma ketahui lagu ” Indonesia Raya ” dalam satu stanza.

“Saya juga bingung, oh nyatanya ada tiga (stanza) ya. Saya tahunya hanya dua. Jadi ingin tahu sekali lagi, apa sich sesungguhnya. Beberapa pertanyaan, misalnya memangnya belumlah ada standarisasi dalam membawakan lagu ‘Indonesia Raya’, hingga ke aransemennya. Nyatanya memanglah belumlah ada standarisasi, ” ujarnya