Blog

‘Cakrawala’, Pembuktian Seseorang Dul Jaelani Dalam Bermusik?
00
 

Sesudah The Lucky Laki serta Ahmad Bersaudara, nampaknya hanya The Backdoor yang memanglah jadi cerminan dari jati diri musik seseorang Dul Jaelani. Mengusung DNA musik grunge, sayangnya banyak pencinta musik yang mengatakan lagunya serupa dengan band 90s alt-rock paling pop, Nirvana.

cakrawala-pembuktian-seorang-dul-jaelan-d69f21

Tetapi walau mempunyai bekal sederet rujukan musik top mulai sejak kecil, kenyataannya Dul tetaplah serius pilih grunge jadi representasi dari langkah bermusiknya. Karenanya, ia juga mulai solo project yang sukses melaunching satu single serta music video, Cakrawala.

Menariknya saat saya lakukan eksperimen, single yang berjudul Cakrawala ini cukup buat saya bingung saat pertama kalinya melantun di telinga. Penyebabnya, awal lagu ini segera tawarkan sound musik grunge seperti Nirvana, Pearl Jam, bahkan juga Dewa 19. Saat tiba di bagian reff, tak tahu mengapa Soundgarden selekasnya terlintas dalam benak.

Pasti akan tidak habis serta tentu terlalu berlebih bila mengulas kemiripan yang dipunyai musik Dul dengan sederet band top lokal serta dunia. Dasarnya, Dul tawarkan sederet rujukan musik rock di sekitaran akhir masa 90an serta jadi grunge versinya sendiri.

download (3)

Sedang dengan visual, rasa-rasanya semakin lebih ‘dapat’ bila dihidangkan dengan nuansa retro ala camera Super8 atau format VHS. Walau terdapat banyak part yang merasa kurang perlu, tetapi langkah pengambilan video yang berkesan amatir juga jadi point yang menarik untuk dikaji.

Memanglah Dul tidak memberi keterangan dengan detil tentang project musiknya kesempatan ini, tapi yang kita ketahui saat ini, putra Ahmad Dhani ini seolah siap untuk menunjukkan style bermusiknya. So, kita nantikan saja surprise selanjutnya dari Dul Jaelani.